10 Oktober 2020
  • Kuliner

Tiap kali nonton adegan makan di drama Korea, perut suka jadi mendadak lapar! Meski belum pernah tahu rasanya, cara makan para aktor ketika menyantap jajanan ini bikin kepengen ikut mencicip. Apalagi kemasan dan penampilan aneka jajanan Korea selalu menggugah selera, jadi penasaran sama rasanya ya, Sobat.

Gara-gara drama juga, berbagai street food Korea kini laris dijual di Indonesia. Untuk mencicipi aneka makanan ini, sekarang kamu sudah nggak perlu jauh-jauh terbang ke sana.

Tteokbokki

Jajanan yang paling sering muncul di drama Korea adalah tteokbokki alias kue beras pedas. Warnanya yang merah dengan sensasi rasa kenyal membuat tteokbokki begitu cepat mengambil hati pecinta drama Korea di Indonesia.

Siraman saus gochujang dan bubuk cabe lah yang membuat rasa tteokbokki pedas. Ketika beli di kedai, kadar pedas di makanan ini bisa disesuaikan. Namun pada dasarnya, level 1 dari tteokbokki sudah pedas dari sananya. Jadi kalau kamu bukan pecinta pedas, lebih baik icip sedikit dulu sebelum menyantap satu potong tteokbokki secara utuh.

Odeng

Jajajan jalanan yang satu ini terbuat dari ikan, biasanya disebut sebagai odeng atau fish cake. Meski terbuat dari ikan, tapi rasanya nggak amis sama sekali. Kadang odeng disajikan bersama tteokbokki atau sebagai sate yang ditusuk dan disajikan dengan kuah panas di dalam mangkuk.

Buat yang nggak kuat dengan pedasnya tteokbokki, odeng adalah pilihan snack yang tepat. Terutama ketika hujan turun dan cuaca sangat dingin, panasnya kue ikan dengan kuahnya yang gurih akan membuat tubuhmu jadi hangat.

Tteokebi Hot Dog

Di Korea, jajanan ini bernama Tteokebi Hot Dog. Tapi di Indonesia banyak yang menyebutnya Hotang alias Hot Dog Kentang. Ya, makanan ini asalnya dari sosis hot dog yang dibalur dengan tepung kemudian ditempeli kentang yang melapisi bagian luar secara merata dan digoreng. Rasa kres dari kentang membuat hot dog yang ada di dalamnya jadi lebih gurih dan mengenyangkan.

Kamu bisa menikmati jajanan ini dengan saus pedas atau tanpa tambahan apapun. Nikmati sesuai dengan seleramu.

Korean Fried Chicken

Berbeda dengan orang Indonesia yang menjadikan ayam goreng sebagai lauk. Masyarakat Korea menikmati ayam goreng sebagai camilan yang biasanya disajikan bersama cola dan menjadi teman nonton acara kesayangan di rumah ketika senggang.

Jenis ayam gorengnya pun beragam. Mulai dari ayam tepung krispi seperti yang banyak ada di Indonesia, ada pula ayam goreng tepung tradisional dengan rasa yang lebih renyah dan ada yang dibalur saus pedas dari gochujang yang membuat rasanya sangat berbeda.

Kalau lihat pemain drama makan ayam ini, rasanya pengen borong ayam goreng ya, Sobat.

Ramyeon

Ramyeon alias mie instan ini adalah menu ‘wajib’ yang ada di setiap drama. Meski perut sudah kenyang pun, bakal mendadak lapar lagi kalau melihat para bintang Korea menyeruput mie dengan nikmatnya.

Berbeda dengan mie instan Indonesia, ramyeon memiliki ukuran mie yang lebih besar dan tebal. Kuahnya pun kebanyakan memiliki cita rasa pedas khas gochujang dan bubuk cabe Korea yang tajam. Dengan kuah panas ditambah pedas, akan membuat perutmu hangat ketika udara sedang menusuk kulit.

Dengan kesukaan masyarakat Korea pada cita rasa pedas, banyak bumbu mereka yang terbuat dari cabe yang disajikan dalam berbagai bentuk. Mulai dari pasta yang difermentasi, hingga cabe bubuk dengan berbagai tingkatan pedas. Hal ini membuat banyak makanan Korea  yang rasanya lebih tajam dari masakan Indonesia dan berpotensi membuat tubuh kamu mengalami panas dalam.

Karena itu, sebelum menyantap jajanan Korea, ada baiknya untuk mencicip dalam porsi kecil terlebih dahulu agar bisa menakar kekuatan pedasnya.

Bagikan Kesegarannya

Tinggalkan Komentar