17 November 2018
  • Gaya Hidup

Olahraga memang identik dengan capek dan pegal. Tapi jangan salah, sekarang ini olahraga sudah menjadi bagian dari gaya hidup. Bahkan tidak jarang olahraga dijadikan sebagai penghilang stres dan hobi. Banyak sekali jenis olahraga yang bisa dilakukan, seperti sepak bola, volley, bersepeda dan masih banyak lagi. Tapi, buat kalian yang merasa bosan dengan olahraga yang itu-itu saja, berikut ini beberapa olahraga antimainstream yang bisa kalian pelajari dan tentunya beda dari yang biasanya.

 

Gantole

Punya nama dalam bahasa Inggris Hang Gliding, olahraga udara yang satu ini udah cukup lama dinikmati guys. Di negara kita, nama gantole yang berarti capung ini konon diberi oleh ibunda dari wakil presiden kita saat ini, Jusuf Kalla. Waktu itu adik dari Jusuf Kalla yang bernama Ahmad Kalla adalah salah satu penghobinya dan untuk mengindonesiakan 'hang gliding' dipilihkan nama 'gantole'. Gantole ini kalo diliat mirip dengan paralayang. Bedanya, peralatan paralayang jauh lebih praktis buat dibawa kesana kemari. Tapi jangan ngeremehin dulu karena gantole jauh lebih lincah kalau dibanding paralayang.

 

Sky Diving

Punya bahasa Indonesia, terjun payung, sky diving inilah yang bisa disebut sebagai olahraga udara pertama di dunia. Terjun payung ini bahkan udah dilakukan sejak jaman perang dunia untuk menurunkan pasukannya di medan perang guys. Jadi predikat itu rasanya nggak berlebihan. Beda dengan gantole atau paralayang yang memulai start di bukit atau lokasi yang tinggi, skydiving ini dilakukan dari atas pesawat yang sedang terbang di ketinggian tertentu jadi bisa dipastikan lokasinya jauh lebih tinggi ketimbang lokasi lepas landas gantole maupun paralayang.

 

Cliff Jumping

Olahraga ekstrem yang tak kalah seru serta layak dicoba untuk menguji adrenalin adalah Cliff Jumping. Aktivitas menantang terjun dari atas bukit ini bisa dilakukan di Nusa Ceningan. Tepatnya di Blue Lagoon. Supaya bisa mencoba Cliff Jumping ini, wisatawan perlu mendaki tebing menuju titip meloncat. Baru setelahnya, bersiap untuk terjun langsung ke laut lepas. Meski demikian, Cliff Jumping tidak bisa dilakukan di sembarang waktu. Wisatawan perlu mengikuti saran instruksi dalam memperhatikan cuaca dan ombak. Hal ini demi alasan keselamatan.

 

Fly Boarding

Olahraga ekstrem ini akan mengajak setiap orang untuk mencoba terbang di udara. Bukan menggunakan sayap, melainkan dengan pompa air bertekanan tinggi. Fly boarding cukup terkenal di Dubai dan Phuket. Bahkan olahraga ekstrem ini masuk kategori olahraga eksklusif. Namun, dengan hadirnya fly boarding di Bali, wisatawan pun tak perlu jauh-jauh untuk terbang ke luar negeri. Untuk mencoba olahraga ekstrem ini, wisatawan dapat berkunjung ke Watersport Tanjung Benoa Bali.

 

Bungee Jumping

Untuk melakukan olahraga ini, kalian diharuskan melompat dari ketinggian puluhan meter dan menggunakan bantuan tali bungee cord yang dililitkan di kaki yang berfungsi sebagai pengaman. Olahraga anti mainstream bungee jumping ini memiliki beberapa manfaat seperti melancarkan peredaran darah ke otak, mengurangi stress, melatih kelenturan tubuh dan mengobati phobia ketinggian.

 

Gimana guys, olahraga udara mana yang lo pilih buat nguji nyali kalian? Yang manapun yang kalian pilih, kalian harus selalu ngutamain keamanan ya guys dan berlatihlah dengan mereka yang emang udah jam terbang tinggi.

Bagikan Kesegarannya

Tinggalkan Komentar