15 November 2018
  • Travel

Sebagai negara bahari, Indonesia terkenal akan kehidupan lautnya yang beragam dan indah menjadi tempat yang sempurna untuk melakukan olahraga air. Indonesia memiliki banyak lokasi wisata bawah air yang indah. Di sana kita bisa puas melakukan berbagai olahraga underwater seperti diving atau snorkeling.

Bukan bualan belaka bila laut Indonesia merupakan surga yang benar-benar ada didunia. Laut Indonesia menjadi primadona wisata baik untuk turis lokal maupun turis mancanegara. Laut Indonesia memiliki beranekaragam biota laut yang membuat mata kita takjub menyaksikannya. Hal tersebut membuat laut Indonesia menjadi tempat yang pas untuk lakukan diving. Diving ialah olahraga menyelam hingga ke dasar laut untuk melihat keindahan yang ada disana.
Salah satu tempat menyelam lokal yang mendunia adalah Bunaken. Ketenaran tempat ini harum hingga ke tingkat internasional, karena kondisi taman lautnya yang dianugerahi pemandangan bawah air fantastik. Namun bukan cuma Bukanen eksotisme alam bawah laut Indonesia, berikut adalah 5 tempat lain yang pemandangan alam airnya tak kalah memukau.

 

Wakatobi

Bagi kalian yang minat dengan desir ombak dan lautan nan cantik, Wakatobi adalah destinasi yang dapat menghadirkan pengalaman bahari yang menyenangkan. Kalian dapat mengisi waktu liburan di Wakatobi dengan kegiatan-kegiatan seru seperti berenang, snorkeling, memancing, dan tentunya menikmati keindahan bawah laut dengan diving. Wakatobi akrab dikenal sebagai oleh para penyelam kelas dunia. Saat berada di sana, sempatkanlah berkunjung ke Taman Laut Nasional Kepulauan Wakatobi, spot taman laut yang mempunyai beragam spesies dari 25 gugusan terumbu karang yang tersebar di seluruh daerah Wakatobi. Meskipun pesona bawah lautnya yang terkenal, kalian pun akan disajikan dengan seni dan budaya yang kaya, misalnya berbagai tarian seperti tarian perang suku Buton. Tinggal di Desa suku Bajo, yakni perumahan di atas laut juga akan menjadi sebuah pengalaman yang tak terlupakan. Untuk mencapainya, berbagai moda transportasi bisa menjadi pilihan kalian. Jika memiliki waktu yang cukup lama, alternatif transportasi laut dengan kapal cepat dari Makassar atau Kendari menuju Wangi Wangi. Sementara itu, jika waktu yang dimiliki cukup terbatas, sejumlah maskapai penerbangan telah menyediakan perjalanan udara dengan rute menuju Makassar atau Kendari yang kemudian dilanjutkan dengan menggunakan pesawat perintis menuju Wangi Wangi.

 

Pulau Togian

Tidak ada penyelam yang tidak ingin menyelam di Pulau Togian. Dari sekian banyak tempat terbaik untuk melakukan diving dan snorkeling, Pulau Togian adalah pilihan terbaik kedua setelah Raja Ampat. Berlokasi di Sulawesi Tengah, tepatnya 90 kilometer dari Teluk Tomini. Meski memakan waktu cukup lama untuk menuju ke sini, tapi percayalah semua rasa lelah selama perjalanan akan terbayar lunas begitu tiba di sana.  Kapal ferry yang menuju ke sini hanya tersedia di dua kota, yakni di jalur utara melalui Gorontalo, sedangkan jalur selatan lewat Kota Ampana. Pulau Togean masih belum banyak dijamah wisatawan, sehingga keadaan lautnya masih sangat murni dan terjaga. Terumbu karang besar berbagai jenis terpusat di satu area. Satu-satunya pulau di Indonesia yang memiliki struktur tersebut adalah Togean.

Kebayang kan bakal seindah apa pemandangannya? Karena keindahannya itu, banyak rumor yang menyatakan kalau Pulau Togean bakal jadi buruan turis terbesar selanjutnya.

 

Raja Ampat

Bagian timur Indonesia memiliki caranya sendiri untuk memikat hati para wisatawan. Hamparan kepulauan hijau nan memukau menjadi sebuah tempat wisata Indonesia yang bukan hanya menarik untuk dikunjungi, tetapi juga sulit untuk dilupakan. Ya, Kepulauan Raja Ampat memang menjadi sebuah tempat wisata Indonesia yang menjadi destinasi berlibur kelas dunia.

Pecinta wisata bawah laut dari seluruh dunia datang ke Raja Ampat untuk menikmati pemandangan bawah laut terbaik yang mengagumkan. Raja Ampat menjadi rumah bagi 540 jenis karang, 1.511 spesies ikan, serta 700 jenis moluska. Kekayaan biota ini telah menjadikan Raja Ampat sebagai perpustakaan hidup dari koleksi terumbu karang dan biota laut paling beragam di dunia.

 

Taman Laut Takabonerate

Memiliki status kepulauan dengan atol terbesar ketiga di dunia, Taman Laut Takabonerate sepertinya harus masuk list liburanmu. Atol adalah sebuah pulau karang yang mengelilingi laguna (bisa seluruh atau sebagian).

Jadi, sudah jelas keindahan tempat ini layak disaksikan langsung dengan mata kepala. Bahkan, Takabonerate sempat dicalonkan ke UNESCO sebagai salah situs warian budaya. Lokasinya di Kecamatan Takabonerate, Kabupaten Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan.

Untuk kalian pecinta wisata bawah air, Taman Laut Takabonerate menjadi tujuan yang tepat. Sebab, area ini menjadi daerah yang punya 15 pulau kecil dengan terumbu karang indah.  Ada pun waktu terbaik untuk berlibur ke sana yakni antara April-Juni dan Oktober-Desember.

 

Padaido

Bagi pecinta wisata alam bawah laut, belum lengkap rasanya jika belum berkunjung ke Padaido, Papua. Untuk mencapainya, membutuhkan waktu 1 jam dengan kapal dari pelabuhan Bosnik. Padaido tidak kalah memukau dengan saudaranya Nabire. Dengan kemolekan pasir putihnya, air bening seperti kaca plus aneka biota laut, otomatis tempat ini menjadi primadona bagi pelancong. Padaido adalah salah satu tempat yang memiliki keanekaragaman hayati terbesar jika kita bicara soal ekosistem terumbu karang. Untuk melihatnya, kita bisa melakukannya dengan cara snorkeling atau scuba diving. Dijamin seru!

Bagikan Kesegarannya

Tinggalkan Komentar