17 Juni 2018
  • Gaya Hidup

Jangan berpikir dan mengatakan bahwa kalian tidak memiliki waktu. Sebab sebagaimana orang lain, kalian juga diberikan waktu yang jumlahnya sama persis dengan yang dimiliki orang-orang sukses dan sibuk di sekitar kalian. Hal ini tentu menjadi perenungan tersendiri. Bisa jadi ada beberapa banyak waktu yang kemungkinan selama ini terbuang dengan percuma alias sia-sia. Membuang-buang waktu sama saja dengan membuang banyak kesempatan dan juga peluang meraih kesuksesan di dalam hidup. Kalian akan kehilangan banyak sekali hal berharga yang seharusnya bisa dimiliki saat ini.

  • Apakah kalian selalu merasa kehabisan waktu dan kalian tidak dapat melakukan apa yang dijadwalkan?
  • Apakah kalian selalu merasa bahwa kalian tidak memiliki cukup waktu untuk diri sendiri?
  • Apakah kalian merasa bahwa kalian hidup dan bekerja di lingkungan yang penuh tekanan tanpa hasil positif?

Jika jawaban untuk salah satu pertanyaan di atas adalah YA, maka sudah saatnya untuk mengubah hidup kalian dan mulai menghabiskan waktu kalian dengan bijaksana dan efisien. kalian harus berjanji pada diri kalian sendiri bahwa kalian akan menjadi lebih terorganisasi dan fokus pada tujuan kalian dan bahwa kalian akan menggunakan waktu untuk kebaikan kalian sendiri.

Mengingat betapa pentingnya cara mengatur waktu untuk mencapai work-life balance, yuk, simak 5 tips untuk mengatur waktu yang paling efektif agar kalian dapat mencapai work-life balance!

 

Jangan Pernah Menunda Pekerjaan

Cara pertama mengatur waktu dengan efektif agar dapat mencapai work-life balance adalah dengan berhenti menjadi seorang procrastinator. Sebagian orang mungkin akan sangat sulit menyelesaikan sebuah pekerjaan jika belum mendekati deadline. Banyak sekali alasan menunda pekerjaan, seperti merasa pekerjaan tersebut sulit, merasa bosan ketika mengerjakannya, dan yang paling terakhir dan merupakan alasan yang paling sering muncul adalah kalian merasa bahwa otakmu akan lebih bekerja maksimal ketika mendekati deadline.

Menjadi procrastinator membuat kalian sulit menerapkan cara mengatur waktu yang lebih efektif. Mengerjakan pekerjaan di waktu-waktu akhir memiliki sangat banyak resiko dan tentunya bisa menjadi salah satu penghalang kalian untuk menuju work-life balance. Mulailah belajar untuk menyelesaikan tugas di awal waktu, ke depannya pasti kalian akan melihat segala yang kalian kerjaan terlihat lebih maksimal dan kalian akan memiliki lebih banyak waktu untuk menuju work-life balace.

 

Buat to-do-list

Memang kita para millenials punya waktu yang padat apalagi bagi para millenials yang sedang kuliah. Dengan padatnya jadwal pasti kita tidak ingin jadwal tersebut berantakan ataupun crash dengan rencana jadwal lain. Maka dari itu yang kita lakukan adalah menulis apa saja yang ingin kita lakukan sebelum memulai hari. Kita tulis apa yang kita kerjakan hari ini mulai dari pagi sampai malam, lebih baik lagi jika kita merencanakan mulai dari seminggu. Jadi kita menulis what-to-do list this week. Sehingga apapun yang kita lakukan pasti terjadwal dan tidak akan berantakan.

 

Buat Prioritas

Ketika bekerja atau melakukan berbagai hal lainnya di dalam kehidupan kalian, sangat penting untuk selalu menyelesaikan yang paling penting terlebih dahulu. Barulah setelahnya disusul dengan berbagai hal lainnya. Ini akan menjadi pola pikir yang memudahkan kalian dalam mengelola pekerjaan. Dan kalian akan memiliki sejumlah waktu yang cukup memadai untuk mengerjakan setiap pekerjaan yang sesuai dengan kebutuhan penyelesaiannya.

 

Jangan Takut Untuk Mengatakan “TIDAK”

Kalian harus belajar untuk sekali-sekali mengatakan TIDAK dan menolak tugas-tugas yang tidak dapat kalian lakukan. Jika kalian kehabisan waktu dan merasa stres, maka lebih baik untuk menolak undangan pergi makan siang atau makan malam keluarga. Kalian harus menyadari bahwa kalian tidak dalam kewajiban untuk mempersingkat segalanya dalam sekejap. Kalian harus belajar untuk memilih tugas yang kalian benar-benar ingin lakukan atau yang perlu diselesaikan.

 

Delegasi

Kunci sukses manajemen waktu adalah delegasi. Jangan mencoba untuk menyelesaikan semua tugas sendirian. Kenali mana tugas yang dapat diselesaikan oleh orang lain dan delegasikan pekerjaan tersebut kepada mereka. Ini adalah satu-satunya cara dimana kalian dapat memiliki waktu yang diperlukan untuk menangani tugas-tugas yang benar-benar penting bagi kalian. Pada saat yang sama, apa yang kalian pilih untuk dikerjakan, lakukanlah dengan benar pertama kalinya demi menghemat waktu karena mengerjakan pekerjaan berulang. Pengalaman menunjukkan bahwa waktu yang kalian perlukan untuk mengulang pekerjaan kalian akan lebih banyak dihabiskan dibanding waktu yang kalian perlukan untuk mengerjakan pekerjaan secara benar dari awal. Delegasi adalah seni yang dapat memberikan banyak manfaat bagi orang-orang yang harus melakukan banyak kegiatan.

Bagikan Kesegarannya

Tinggalkan Komentar