20 November 2018
  • Kesehatan / Gaya Hidup

Pernahkah kalian mengalami kejadian yang aneh ketika beberapa saat setelah mengkonsumsi makanan terntentu kalian  mengalami gatal-gatal, sakit perut atau bahkan diare? Jika pernah, bisa jadi hal ini disebabkan karena kalian memiliki alergi terhadap suatu makanan. Alergi makanan berpotensi terjadi pada hampir semua orang dan menimbulkan efek yang bisa berbeda pada orang yang satu dengan yang lainnya. Reaksi alergi bisa bervariasi mulai dari yang ringan seperti terjadinya gatal-gatal hingga parah seperti terjadinya anafilaksis yang dapat menyebabkan kematian. Alergi makanan merupakan kondisi dimana reaksi sistem kekebalan tubuh keliru mengenali protein makanan sebagai zat berbahaya. Oleh karena itu kebanyakan makanan yang mengandung protein yang tinggi biasanya menjadi pemicu alergi terhadap suatu makanan. Setidaknya diketahui ada 8 jenis makanan yang berpotensi hingga 90 persen menjadi makanan penyebab alergi yaitu susu, telur, kacang tanah, kacang pohon, gandum, kedelai, ikan, kerang.

 

Susu

Alergi gatal juga bisa dialami oleh mereka yang alergi terhadap susu meski memang kita tahu betul bahwa khasiat susu sapi sangat bagus. Pada penderita gangguan kulit alias dermatitis, reaksi alergi ini akan begitu lambat dan biasanya terjadi pada bayi. Ketika sang buah hati mengalami mata merah disertai gatal di bagian mata dan hidung sesudah 20 jam minum susu, langsung periksakan ke dokter.

 

Kerang

Jenis makanan ini juga banyak digemari, tapi tak semua orang yang mengonsumsinya bakal aman-aman saja. Ada beberapa macam kerang yang bisa menjadi pemicu munculnya reaksi alergi di permukaan kulit, contohnya rasa gatal yang disertai dengan ruam kemerahan. Jika tak ditangani dengan betul, bisa jadi efeknya berlanjut memicu penyakit eksim yang pada umumnya terjadi pada jari-jari kaki.

 

Telur

Sepintas memang telur ayam ini tampak biasa dan banyak orang yang memakannya baik-baik saja. Namun sebenarnya, ada beberapa orang yang juga menderita  alergi telur di mana biasanya dialami oleh orang-orang yang termasuk sensitif. Tak hanya gatal dan ruam di kulit, bisul atau jerawat juga bisa terjadi dan lebih jauh lagi, penyakit eksim pun dapat ditimbulkan oleh makanan sederhana ini.

 

Kacang Tanah

Satu lagi makanan yang bisa memicu adanya alergi gatal, yaitu kacang tanah. Kelihatannya aman, namun kacang tanah pun dapat menjadi alergen dan diketahui bakal lebih mudah menyebabkan reaksi alergi muncul ketika kalian mengonsumsi setelah memanggangnya. Bila tetap ingin menikmatinya, sebaiknya hindari pengolahan dengan memanggangnya, tapi pilih cara merebus saja.

 

Kacang Pohon

Tak hanya kacang tanah rupanya, kacang pohon pun juga bisa memicu alergi gatal pada kulit. Tampaknya memang banyak jenis kacang yang bakal berbahaya bila dikonsumsi karena menimbulkan reaksi alergi. Pada umumnya, yang menderita alergi gatal akibat makan kacang pohon adalah anak-anak. Meski demikian, bukan lantas berarti bahwa orang dewasa tak ada yang dapat terserang alergi gatal karena kacang pohon. Tetap ada beberapa orang dewasa yang pernah mengalami alergi gatal karena jenis makanan ini, tapi tak begitu banyak. Waspadailah kacang pohon dan kacang tanah, meski ada beberapa jenis kacang lain yang juga memberikan efek sama.

 

Gandum

Alergi gatal juga bisa dipicu akibat makan gandum. Orang dewasalah yang pada umumnya mengalami reaksi alergi gatal karena makan gandum. Ini karena di dalam gandum ada kandungan besar gluten yang bisa berbahaya bagi penderita celiac alias penderita alergi gandum. Untuk menghindari reaksi alergi dan memperburuk kondisi ini, diharapkan untuk melaksanakan diet bebas gandum.

 

Ikan

Jika ingin mengonsumsi makanan yang mengandung omega 3 tinggi, jelas salah satu yang paling dianjurkan adalah ikan. Ikan laut tersebut memang disebut-sebut sebagai makanan yang baik untuk perkembangan dan kesehatan otak serta tubuh. Tapi karena omega-3 bisa menjadi sumber penyebab reaksi alergi, jadi bagi yang memang sudah ada penyakit alergi sebaiknya tidak mengonsumsi ikan salmon berlebihan.

 

Kedelai

Alergi kedelai merupakan salah satu alergi makanan yang sudah umum terjadi. Alergi kedelai biasanya terjadi pada balita dan anak-anak. Penelitian menunjukkan bahwa alergi kedelai bisa terjadi pada awal masa kanak-kanak. Hindari mengonsumsi kedelai dan beberapa jenis makanan mengandung kedelai seperti tahu, tempe, kecap, youghurt dari kedelai dan beberapa makanan lainnya yang terbuat dari kedelai.

Bagikan Kesegarannya

Tinggalkan Komentar