29 Juni 2018
  • Travel

Luwuk, nama itu mungkin belum terlalu familiar di telinga kalian. Jika pernahpun pasti yang terlintas dalam fikiran kalian adalah nama dari suatu kota kecil yang ada di Sulawesi Tengah. Luwuk yang berbukit-bukit membuat kota ini bisa dinikmati dari ketinggian.

Cobalah ke Bukit Kasih Sayang buat ngopi-ngopi cantik berlatar pemandangan indah. Bukit Kasih Sayang, begitulah nama yang populer di kalangan anak Luwuk zaman now untuk menyebut lokasi satu ini. Sementara di kalangan warga biasa, bukit ini lebih dikenal dengan nama aslinya, yaitu Bukit Keles.

Dari bukit ini, pemandangan Kota Luwuk yang cantik dari ketinggian bisa dinikmati oleh pengunjung. Bentang alam Luwuk yang berupa pesisir berpadu dengan perbukitan, membuat kita bisa memandang hingga ke lautan lepas. Ini adalah tempat wajib yang harus anda kunjungi di malam hari saat berada di Luwuk. Dari tempat ini kita dapat melihat indahnya pemandangan kota Luwuk lengkap dengan gemerlap cahaya lampu yang menerangi kota ini. Penduduk kota Luwuk sudah tahu betul mengenai tempat ini. Di bukit ini tersedia warung yang menyediakan makanan dan minuman mulai dari mie goreng, nasi goreng, kopi, coklat panas hingga ikan bakar. Menikmati secangkir minuman saraba dan kue lopis adalah “ritual” yang mesti anda coba setibanya di bukit ini. Angin malam  yang cukup kencang dan hiasan lilin di atas meja-meja makan membuat suasana makin romantis untuk dinikmati bersama orang terkasih. Wajar saja jika hampir setiap malam muda mudi berkunjung ke tempat ini untuk sekedar berbincang sambil berfoto-foto di sini.

Selain ke Bukit Kasih Sayang, ada beberapa tempat yang wajib kalian sambangin bila berada di Luwuk.

Teluk Lalong

Lalong dikenal dengan cafe-cafe kecil yang tersusun rapi pinggir jalannya. Kursi dan meja tidak berada di dalam cafe melainkan berjejer rapi tepat di pinggir teluk. Makanan seperti Gorengan dan minuman ringan, adalah menu utama di tempat itu. Dari sana kita dapat melihat Pemandangan kapal-kapal Barang yang berlalu lalang dari pelabuhan. Daerah ini merupakan daerah ramai karena dekat dengan Mesjid Agung Kota Luwuk dan Kantor DPRD Kabupaten Banggai.

 

Gedung Telur Burung Maleo

Bangunan yang berbentuk bulat besar seperti Telur Burung Maleo ini mengundang pertanyaan bagi para pendatang. Betapa tidak, ketika baru saja mendarat di Luwuk dengan pesawat, kita langsung disuguhi pemandangan berupa bangunan bulat lonjong yang tersambung dengan area Apron Bandara, namun kita tidak dapat melewatinya. Hal ini wajar, karena Bangunan itu adalah Ruang VVIP baru yang hanya dipergunakan oleh Pejabat selevel Gubernur, jadi tidak bisa sembarang orang dapat memasuki bangunan tersebut. Namun Karena bangunan ini unik bentuknya, banyak juga orang yang menyempatkan diri untuk berfoto di depan Bangunan ini begitu turun dari pesawat. Terlebih lagi dengan latar belakang Laut, semakin menambah keindahan Bangunan Telur Burung Maleo ini. Apabila kalian pergi ke Luwuk, jangan lupa untuk berselfie dengan background Bangunan ini.

 

Air Terjun Salodik

Sekitar 30 Menit dari Kota Luwuk, Air Terjun Salodik adalah salah satu lokasi wisata yang popular di kalangan masyarakat Kota Luwuk. Dengan biaya masuk yang sangat terjangkau sekitar Rp.2.000, kalian sudah bisa menikmati segar nya air pegunungan di air terjun ini. Hal yang menarik dari Air Terjun Salodik adalah susunan nya yang bertingkat tingkat dengan kedalaman yang aman, jadi kalau mau sekedar berenang atau terjun bebas di air terjun ini Ok Ok saja! Selain itu kalian tidak perlu khawatir jika berjalan disekitar batu alam di air terjun ini karena karakter batu yang tidak licin meskipun dilewati air. Nyebur sangat di rekomendasikan ya guys!

 

Bukit Teletubies

Di bukit ini kalian akan melihat pemandangan padang rumput yang hijau sepanjang mata memandang. Jarak nya pun tidak terlalu jauh dari Café di Bukit Keles yang dapat ditempuh sekitar 20 menit dari situ. Jalan yang di tempuh menuju bukit ini juga terbilang bagus dan mudah untuk dilewati kendaraan. Walau pun dapat di kunjungi kapan saja, saat pagi dan sore hari menjadi waktu yang pas menikmati padang rumput ini karena pencahayaan dari terbit dan senja matahari akan membuat Bukit Teletubies versi Luwuk ini semakin indah untuk di pandang. Usai menikmati Bukit Teletubies, kalian pun akan mendapatkan bonus untuk melihat keindahan Kota Luwuk secara Keseluruhan selepas mengunjungi Bukit Teletubies.

 

Ayo jelajahi daerah lain nya di Indonesia yang tak Kalah Indah! Selain menambah wawasan petualangan mu, berwisata di daerah lain di Indonesia bisa meningkatkan pendapatan daerah dan masyarakat sekitar juga bukan?! Karena Indonesia bukan cuma Bali atau Lombok saja guys!

Bagikan Kesegarannya

Tinggalkan Komentar