01 Oktober 2020
  • Kesehatan

Meski sudah 6 bulan lebih menghadapi pemeriksaan dengan thermogun ketika berada di tempat umum, tapi rasa jiper takut nggak lolos kadang masih muncul ya, Sobat. Terutama ketika kondisi badan sedang tidak benar-benar normal karena berbagai hal. Waktu usai kepanasan misalnya, takut kalau suhu yang tertera di thermogun di atas 37 derajat dan bikin nggak bisa masuk ke tempat yang dituju.

Ada beberapa kondisi badan yang bikin deg-degan ketika harus menghadapi pemeriksaan pencegahan covid-19. Salah satu di antaranya pasti pernah kamu alami.

Badan Panas Karena Lari-larian

Ketika melakukan aktivitas fisik yang membakar energi seperti lari, otomatis suhu badan akan meningkat.  Ini yang bikin deg-degan kalau barusan banget lari dari parkiran, lalu harus langsung menghadapi thermogun! Kondisi tubuh yang sebenarnya normal, jadi mendadak tampak seperti demam dan biasanya bisa lebih dari 37 derajat celcius yang menjadi batas maksimal lolos tidaknya kamu dari tembakan thermogun.

Biar nggak disangka demam, sebaiknya istirahatlah sejenak di tempat teduh dan tenangkan degup jantung sebelum menghadapi thermogun. Cukup dengan diam beberapa menit saja dan minum air putih atau Lasegar, suhu tubuh akan turun dengan sendirinya.

Pilek dan Bersin-bersin Karena Habis Minum Es

Makan bakso dengan kuah super pedas sampai hidung meler, lalu dilanjutkan minum es degan super dingin yang bikin bersin-bersin sekarang bisa jadi masalah kalau lagi di tempat umum ya, Sobat. Mereka yang nggak tahu kalau pilek dan bersin kamu karena makanan, bisa salah mengira kalau itu adalah efek dari flu atau sakit covid-19.

Meski hasil pemeriksaan thermogun tidak memperlihatkan peningkatan suhu tubuh, tapi kalau kondisi kamu pilek dan bersin-bersin besar kemungkinan bakal ditahan dan tidak boleh masuk ke tempat yang dituju. Berabe kan?

Untuk menghindari salah sangka, sebaiknya hindari makanan super pedas dan es dalam jumlah banyak ketika berada di tempat umum. Selain bisa bikin pilek dan bersin-bersin, kebanyakan es dan sambal juga bisa bikin panas dalam, lho.

Gatal di Tenggorokan Karena Kurang Minum

Tenggorokan gatal dan tidak nyaman adalah salah satu tanda awal terpapar virus corona. Tapi tidak semua gatal adalah gejala covid-19, Sobat. Bisa jadi, rasa tak nyaman itu muncul karena kamu sedang dehidrasi.

Ketika tubuh kekurangan asupan cairan, tenggorokan adalah organ pertama yang protes dengan memberikan sinyal gatal dan kering. Nah, sebelum kamu panik periksa covid-19, pastikan kalau asupan cairan sudah cukup untuk memastikan penyebab masalah tenggorokanmu.

Kalau tenggorokan kering menjelang pemeriksaan dengan thermogun, tambahkan asupan Lasegar dalam porsi minum kamu. Tapi kalau setelah meminum beberapa botol Lasegar dan masalah tenggorokan belum selesai, jangan segan periksa ke dokter untuk memastikan penyebabnya ya, Sobat. Waspada dan mencegah lebih baik daripada mengobati.

Nah, sudah siap menghadapi tembakan thermogun hari ini? Jaga kondisi dan jangan lupa untuk selalu patuh pada protokol kesehatan ya!

Bagikan Kesegarannya

Tinggalkan Komentar