03 Agustus 2020
  • Kesehatan

New normal sudah dimulai nih meski pasien covid-19 masih terus bertambah di Indonesia. Mau nggak mau, semua orang harus beradaptasi dengan keadaan sekarang agar tetap bertahan di tengah gempuran virus dari kanan kiri. Salah satu syarat tetap survive di era pandemi ini adalah dengan menjaga kesehatan tubuh. Dengan badan yang bugar, virus nggak akan bertahan lama di tubuh kita. Imun jadi lebih kuat dan covid-19 pun nggak akan mudah mendekat.

Di masa seperti ini, badan kurang sehat sedikit saja sudah bikin parno ya, Sobat. Tenggorokan kering karena gejala panas dalam dan bisa diatasi dengan Lasegar saja membuat jantung dag dig dug nggak karuan karena takut kena virus corona.

Biar hati tetap tenang dan nggak stress, yuk jaga kesehatan dengan mengasup gizi seimbang. Jika tercukupi dengan nutrisi yang tepat, badan bebas panas dalam, imun akan jadi lebih kuat dan nggak gampang sakit.

Gizi Seimbang Itu Gimana Sih?

Sudah makan teratur tapi kok masih gampang sakit? Mungkin kandungan nutrisi yang dikonsumsi belum seimbang. Dalam satu kali makan, manusia memerlukan asupan sayur dan buah minimal setengah porsi piring, ditambah dengan seperempat piring protein hewani atau nabati yang rendah lemak dan seperempat piring lagi karbohidrat.

Manusia nggak bisa mengabaikan salah satu dari tiga bahan pokok di atas, bahkan ketika sedang diet sekalipun. Meski banyak yang takut makan karbo bisa bikin gemuk, namun sebenarnya bahan makanan ini diperlukan tubuh untuk membangun energi. So, jangan dilewatkan ya. Dalam satu porsi makan, pastikan ada tiga bahan ini yang masuk ke dalam tubuh.

Makanan Sehat Yang Wajib Dikonsumsi

Setiap hari, pastikan untuk mengonsumsi dua porsi sayuran dengan aneka warna. Tidak hanya sayuran hijau saja, tetapi daun-daun merah dan buah-buahan juga wajib dikonsumsi untuk menambah vitamin dan mineral dalam tubuh. Pastikan sayur dan buah yang dikonsumsi dalam kondisi segar agar kandungan nutrisinya sempurna.

Untuk asupan protein, penuhi dengan daging merah atau putih dalam porsi kecil setiap beberapa hari sekali. Asup protein lebih banyak dari ikan dan bahan nabati seperti tempe dan tahu yang diolah dengan cara dikukus atau dipanggang. Kurangi makanan yang diolah dengan cara digoreng untuk mengurangi risiko kolesterol tinggi. Selain itu, gorengan juga berisiko membuat gejala panas dalam jadi lebih mudah datang. Jadi, sebaiknya kurangi makanan digoreng atau yang dimasak dengan santan kental dan pedas ya.

Minum Cukup Air

Penting untuk menjaga kebugaran tubuh dengan minum air dalam jumlah cukup. Setiap hari, minum minimal 8 gelas atau 1,5 liter. Dengan kadar air yang cukup, panas dalam akan menjauh. Apalagi jika ditambah dengan asupan Lasegar ketika hari panas atau sehabis makan masakan pedas. Dijamin, gejala panas dalam akan langsung hilang. Dengan asupan gizi yang seimbang dan ditambah konsumsi air yang cukup, tubuh bisa lebih kuat untuk beraktivitas.

Banyak yang berubah di era pandemi ini, tetapi badan harus tetap sehat agar tak terkena virus yang belum ada vaksinnya ini. Jangan lupa untuk selalu pakai masker jika keluar rumah, cuci tangan sebelum menyentuh wajah dan jaga jarak agar tak tertular virus. New Normal memang nggak mudah, tapi dengan badan bugar, semua pasti bisa melaluinya.

Bagikan Kesegarannya

Tinggalkan Komentar