14 Mei 2018
  • Kuliner

Setiap negara dengan kebudayaan masing-masing, pasti memiliki sajian makanan tradisional yang menjadi ciri khas sekaligus kebanggaan negara tersebut.

Makanan tradisional khas suatu negara, juga bisa dibilang menjadi salah satu produk budaya yang punya potensi besar untuk dijadikan komoditi alat promosi dari imej negara tersebut di mata dunia.

Contohnya jika menyebut sushi, maka dikenal sebagai salah satu makanan khas Jepang, lalu hidangan Tom Yam yang menjadi makanan khas Thailand, lalu Korea Selatan dengan kimchi nya. Sadar atau tidak, makanan 'nasional' dari masing-masing negara tersebut membawa masyarakat luas langsung teringat akan negara tersebut lho guys.

Ternyata tahukah kalian, bahwa Pemerintah Pusat melalui Kementerian Pariwisata sudah menetapkan ada lima makanan yang disebutkan sebagai National's Food.

  1. Rendang

Rendang atau randang adalah masakan daging bercita rasa pedas yang menggunakan campuran dari berbagai bumbu dan rempah-rempah. Masakan ini dihasilkan dari proses memasak yang dipanaskan berulang-ulang dengan santan kelapa. Proses memasaknya memakan waktu berjam-jam (biasanya sekitar empat jam) hingga kering dan berwarna hitam pekat. Dalam suhu ruangan, rendang dapat bertahan hingga berminggu-minggu. Rendang yang dimasak dalam waktu yang lebih singkat dan santannya belum mengering disebut kalio, berwarna coklat terang keemasan. Rendang mengandung bumbu rempah yang kaya. Selain bahan dasar daging, rendang menggunakan santan kelapa (karambia), dan campuran dari berbagai bumbu khas yang dihaluskan di antaranya cabai (lado), serai, lengkuas, kunyit, jahe, bawang putih, bawang merah dan aneka bumbu lainnya yang biasanya disebut sebagai pemasak. Keunikan rendang adalah penggunaan bumbu-bumbu alami, yang bersifat antiseptik dan membunuh bakteri patogen sehingga bersifat sebagai bahan pengawet alami. Bawang putih, bawang merah, jahe, dan lengkuas diketahui memiliki aktivitas antimikroba yang kuat. Tidak mengherankan jika rendang dapat disimpan satu minggu hingga empat minggu.

  1. Soto

Soto merupakan makanan yang di cirikan dengan kuah dan daging. Soto merupakan salah satu makanan khas Indonesia. Bahan utama pembuatan soto ini adalah daging dan daging yang umum digunakan untuk membuat soto ini adalah daging ayam dan daging sapi.

Soto bisa dibilang makanan yang memasyarakat, karena hampir di setiap daerah memiliki soto dengan tampilan dan rasanya yang berbeda-beda dan itu bisa menjadi ciri khas daerahnya masing-masing. Seperti contohnya soto Betawi merupakan soto dari Jakarta, soto kudus yaitu soto khas dari Jawa Tengah, soto Madura merupakan soto khas dari daerah Jawa Timur dan masih banyak lagi soto dari daerah lainnya. Setiap daerah memiliki pengolahannya yang berbeda-beda, karena itulah yang membuat soto menjadi beragam. Meski begitu resep soto ayam dan soto sapi memiliki komposisi untuk pelengkap yang tidak dapat dipisahkan yaitu seperti tauge, telur, kentang dan sayuran lainnya. soto bisa dibilang makanan yang bergizi, karena terdiri dari daging dan sayuran sebagai komposisinya. Rasa dari soto ini pada umumnya gurih dan manis dan ada yang memakai kuah bening dan ada juga yang menggunakan santan yang memuat kuahnya menjadi keruh. Makanan yang satu ini sangat cocok sebagai teman nasi putih, atau bisa dikonsumsi langsung

  1. Nasi Goreng

Nasi goreng adalah sebuah makanan berupa nasi yang digoreng dan diaduk dalam minyak goring atau margarin, biasanya ditambah kecap manis, bawang merah, bawang putih, asam jawa, lada dan bumbu-bumbu lainnya, seperti telur, ayam, dan kerupuk.

Nasi adalah sebuah bagian penting dari masakan tradisional Tionghoa, menurut catatan sejarah sudah mulai ada sejak 4000 SM. Nasi goreng kemudian tersebar ke Asia Tenggara dibawa oleh perantau-perantauTionghoa yang menetap di sana dan menciptakan nasi goreng khas lokal yang didasarkan atas perbedaan bumbu-bumbu dan cara menggoreng. Nasi goreng sebenarnya muncul dari beberapa sifat dalam kebudayaan Tionghoa, yang tidak suka mencicipi makanan dingin dan juga membuang sisa makanan beberapa hari sebelumnya. Makanya, nasi yang dingin itu kemudian digoreng untuk dihidangkan kembali di meja makan.

  1. Sate

Sate adalah makanan yang terbuat dari potongan daging kecil-kecil yang ditusuk sedemikian rupa dengan tusukan lidi tulang daun kelapa atau bambu kemudian dipanggang menggunakan bara arang kayu. Daging yang dijadikan sate antara lain daging ayam, kambing, domba, sapi, babi, kelinci, kuda, dan lain-lain. Sate diketahui berasal dari Jawa, Indonesia, dan dapat ditemukan di mana saja di Indonesia. Sate adalah hidangan yang sangat populer di Indonesia; dengan berbagai suku bangsa dan tradisi seni memasak telah menghasilkan berbagai jenis sate. Resep dan cara pembuatan sate beraneka ragam bergantung variasi dan resep masing-masing daerah. Biasanya sate diberi saus. Saus ini bisa berupa bumbu kecap, bumbu kacang, atau yang lainnya, biasanya disertai acar dari irisan bawang merah, mentimun, dan cabai rawit. Sate dimakan dengan nasi hangat atau, kalau di beberapa daerah disajikan dengan lontong atau ketupat.

  1. Gado – Gado

Gado – Gado adalah makanan tradisional asli Indonesia, dalam bahasa sunda disebut lotek. Makanan ini sendiri mirip seperti salad karena berisi beraneka sayur-sayuran rebus. Perbedaannya dengan salad adalah pada makanan ini kombinasi sayuran dan bahan-bahan rebusan lainnya disajikan dengan disiram saus kacang. Orang-orang asing atau bule menjuluki gado-gado sebagai Indonesian salad (salad orang indonesia). Oleh karena itu tidak hanya masyarakat indonesia saja yang suka dengan makanan yang satu ini, namun orang luar negeri juga banyak yang menyukainya.

Bagikan Kesegarannya

Tinggalkan Komentar