26 November 2018
  • Kesehatan

Apakah kalian berkeringat lebih banyak dari orang lain? Apakah dengan beraktivitas ringan selama lima menit sudah membuat kalian berkucuran keringat? Lalu, bagaimana jika keringat tiba-tiba keluar saat kita tidak melakukan aktivitas berat?

Sebagian besar orang mungkin pernah mendengar bahwa telapak tangan berkeringan tanda penyakit jantung. Apakah hal tersebut benar, atau sekadar mitos? Secara medis, ada dua jenis kelainan yang menyebabkan produksi keringat menjadi berlebih pada tubuh. Pertama pada telapak tangan (palm sweating) dan kedua pada telapak kaki (plantar sweating). Hal ini disebabkan karena tubuh seseorang memiliki kelebihan hormon tiroid dalam darah (hipertiroid). Selain disebabkan oleh hipertiroid, telapak tangan dan kaki yang kerap dibasahi oleh keringat juga menandakan seseorang tengah mengalami pembakaran berlebih pada sel-sel tubuh.

Sebenarnya, berkeringat merupakan mekanisme tubuh sebagai upaya melepaskan panas dari dalam tubuh. Keringat berlebih tanpa pemicu yang jelas dapat membuat seseorang merasa terganggu, dan menurunkan kepercayaan diri. Kondisi ini sebaiknya tidak diabaikan karena keringat berlebihan bisa menjadi tanda adanya gangguan kesehatan.

Kondisi keringat berlebih disebut juga hiperhidrosis. Hiperhidrosis adalah sekresi atau pengeluaran keringat dalam jumlah yang lebih banyak dari seharusnya untuk mendinginkan tubuh. Biasanya penderita hiperhidrosis akan berkeringat empat sampai lima kali lebih banyak daripada orang normal.

Keringat berlebih yang muncul tak hanya pertanda bahwa suhu tubuhmu meningkat atau kalian merasa gerah saja. Namun, keringat berlebih juga bisa menjadi peringatan bahwa di dalam tubuhmu sedang terjadi hal berikut ini.

 

Stres
Tanpa banyak orang yang menyadari, keringat berlebih biasanya menyerang mereka yang sedang stres. Sebab ketika kalian stres, maka kelenjar apokrin yang ada dalam tubuh akan melepaskan keringat secara berlebih.

 

Rendahnya kadar gula darah

Keringat berlebih juga dapat merupakan tanda dari rendahnya kadar gula darah yang ada dalam tubuhmu. Biasanya kadar gula darah ini turun di bawah 70 mg. Keringat yang berlebih juga digabungkan dengan gejala lain seperti pusing atau mual.


Hiperhidrosis

Penyakit lain yang mungkin muncul dari keringat berlebih adalah hiperhidrosis alias suatu kondisi di mana kelenjar keringat menghasilkan keringat dalam jumlah yang abnormal yang dipicu oleh kondisi neuron tertentu.


Limfoma

Keringat berlebih yang muncul bisa menjadi tanda dari limfoma atau kanker yang mempengaruhi kelenjar getah bening dan membuat sistem kekebalan tubuhmu melemah.


Hipertensi

Ketika kalian menderita hipertensi atau tekanan darah tinggi, maka tubuhmu juga akan mengeluarkan keringat berlebih


Penyakit jantung

Salah satu potensi penyakit yang mungkin menyerang karena tubuh berkeringat secara berlebih adalah gangguan jantung. Sebab, gangguan jantung akan membuat jantung mengeluarkan banyak energi untuk memompa darah dan menghasilkan banyak keringat.

 

Jadi?

Jika tangan tiba-tiba mengeluarkan keringat berlebih, jangan pernah langsung memvonis diri mengalami lemah jantung. Sebaiknya, kunjungi dokter untuk memeriksakan kondisi tubuh secara keseluruhan.

Bagikan Kesegarannya

Tinggalkan Komentar