20 Juni 2018
  • Kesehatan / Gaya Hidup

Latihan fitness menjadi pilihan banyak orang ketika mereka dianjurkan untuk berolahraga. Karena kalian bisa melihat banyak contoh gerakan dan paket latihan yang bisa kalian tiru di internet. Latihan fitness pun dianggap paling menjanjikan oleh masyarakat dalam hal membentuk tubuh menjadi kering berotot. Namun ternyata bentuk badan yang disukai banyak orang ini harus didapatkan dengan cara yang berbeda untuk tiap orang. Penting untuk bisa mengenali dan memahami tipe bentuk tubuh kalian. Jenis bentuk tubuh yang berbeda memerlukan metode latihan dan rencana diet yang berbeda.

Nah, latihan fitness apa yang terbaik sesuai bentuk tubuhmu?

 

Ectomorph

Ectomorph adalah bentuk tubuh khas pria kurus. Orang-orang ecto memiliki tubuh yang tipis dengan sendi yang kecil dan otot yang kurus. Biasanya para ectomorph memiliki tungkai yang panjang dan tipis dengan otot berserabut. Bahu cenderung tipis dengan lebar sedikit.

Pada klasifikasi ini, umumnya ecto sangat sulit menambah berat badan, dikarenakan metabolisme yang dihasilkan ecto lebih cepat membakar kalori di dalam tubuh, jauh dibandingkan dengan metabolisme endomorph. Adapun ciri ecto seperti diantaranya: serabut otot tipis, tulang panjang, dada datar, dan bahu kecil.

Dibandingkan latihan beban menggunakan beban yang berat, kalian bisa menggunakan beban sedang sebanyak 8-15 kali pengulangan.

Makan lebih sering namun tetap berkualitas tinggi juga harus menjadi perhatian ya gengs. Meskipun sedikit lemak, tentunya tetap harus menjaga pola makan sehat seperti hindari makanan tinggi lemak, goreng-gorengan, dan juga tetap melakukan latihan kardio untuk tetap jaga kesehatan jantung kalian.

Mesomorph

Seorang mesomorph memiliki struktur tulang yang besar, otot yang besar dan fisik atletis yang alami. Mesomorph adalah jenis bentuk tubuh terbaik untuk binaraga. Orang-orang dengan bentuk tubuh mesomorph merasa cukup mudah untuk menaikkan dan menurunkan berat badan. Mereka kuat secara alami yang merupakan platform sempurna untuk membangun otot.

Mesomorph mudah sekali mencapai massa otot dan bentuk tubuh yang mereka inginkan, oleh karena itu gunakan beban yang lebih berat dengan 6-10 kali repetisi setiap kali kalian latihan. Semakin banyak orang mesomorph bergerak secara aktif, maka semakin cepat pula manfaat pembentukan definisi otot menjadi lebih besar dan kering.

Tapi kelemahan dari orang-orang mesomorph adalah mereka menambah lemak lebih mudah daripada ectomorph. Ini berarti mereka harus memperhatikan asupan kalori mereka. Biasanya kombinasi latihan beban dan cardio bekerja paling baik untuk para mesomorph.

Endomorph

Tipe bentuk tubuh endomorph padat dan umumnya lembek. Orang-orang endomorph menambah lemak dengan sangat mudah. Para endo biasanya bertubuh lebih pendek dengan lengan dan kaki yang tebal. Memiliki otot yang kuat, terutama kaki bagian atas. Para endomorph menemukan bahwa mereka secara alami kuat dalam latihan kaki seperti squat.

Ketika sampai pada latihan, orang-orang endomorph merasa sangat mudah untuk menambah berat badan. Sayangnya, sebagian besar berat badan ini adalah lemak bukan otot. Untuk menjaga agar lemak tetap rendah latihan cardio seperti bersepeda, jogging, sangat disarankan namun juga disertai dengan latihan beban untuk menjaga rasio antara jumlah lemak dan otot tubuh yang dimiliki.

 

Jadi yang mana nih tipe bentuk tubuh kalian?

Dengan beberapa informasi di atas kalian bisa mengenali tipe bentuk tubuh kalian. Kalian mungkin juga ingin mengoptimalkan diet dan latihan kalian agar sesuai dengan tipe bentuk tubuh kalian. Tidak peduli apa jenis bentuk tubuh kalian, kalian bisa membangun fisik besar yang kekar dan berotot. Bahkan orang yang paling kurus pun bisa memiliki otot yang besar. Semangat gengs!

Bagikan Kesegarannya

Tinggalkan Komentar