10 November 2018
  • Kuliner

Kuliner nusantara memang memiliki pesonanya masing-masing. Salah satu yang wajib kalian coba adalah kuliner Sunda. Suku yang menempati bagian Barat pulau Jawa ini memiliki kuliner khas yang otentik, lezat, dan pasti akan membuatmu tergiur. Ngomongin kuliner di Jawa Barat, maka kita gak bisa lepas dari sentuhan budaya Sunda. Makanan-makanan tradisional diolah dengan cita rasanya yang enak dan menarik hati. Khasnya lagi, Sunda menamai nama-nama kulinernya dengan singkatan yang lucu dan unik. Misalnya cilok yang berarti aci dicolok, cireng yang berasal dari aci digoreng, serta cimol dari singkatan aci digemol. Menarik kan?

Meski makanan Sunda berikut ini bisa ditemui di banyak tempat, jangan sampai terlewat untuk menikmati kuliner otentiknya saat kalian main ke Tanah Priangan. Apa saja sih makanan khas Jawa Barat ini? Intip bareng-bareng, yuk!

 

Nasi Liwet

Nasi liwet adalah makanan kumpul-kumpul orang sunda. Apapun kegiatan yang dilaksanakan bareng-bareng, pasti ujung-ujungnya ngaliwet; beres kerja bakti, ngaliwet. Syukuran, ngaliwet. Ngaliwet dan ngaliwet. Karena apa-apa selalu berujung pada nasi liwet, kadang-kadang ngaliwet ini terlihat seperti kebudayaan / adat yang sudah mengakar sejak jaman dulu. Yah, apapun itu, nasi liwet tetap the best bagi orang-orang sunda, apalagi kalau dimakan sambil lesehan. Beuh. Tidak ada yang tidak setuju.

 

Nasi Timbel

Penyajian pada ikon dari masakan Sunda ini biasanya didalam Daun Pisang. Di warung-warung makan, Nasi Timbel juga disajikan menggunakan wadah umum seperti piring.Ada berbagai lauk yang disajikan dalam Nasi Timbel yang pulen ini antara lain seperti ikan asin, pepes ikan, ampela, ayam goring, tawes dan japuh. Tidak lupa juga sahabat untuk menambah kesedapan makanan ditambahkan juga lalapan serta sambal untuk menambah nilai tradisional. Selamat untuk mencoba untuk merasakannya. Pada awalnya, Nasi Timbel ini adalah hidangan yang disiapkan untuk para petani untuk dimakan disaat beristirahat. Tetapi sahabat, sekarang Nasi Timbel disajikan untuk semua orang.

 

Karedok

Siapa yang tidak mengenal karedok? Makanan khas Sunda satu ini terbuat dari aneka sayuran mentah seperti kol, tauge, kacang panjang, mentimun, terong, dan daun kemangi serta ditambah lontong. Campuran ini lantas disiram dengan bumbu kacang. Ada pula karedok leunca yang menggunakan leunca atau ranti sebagai bahan utamanya.

 

Nasi Tutug Oncom

Makanan khas sunda yang satu ini asli berasal dari daerah Tasikmalaya. Bahan dasar dari nasi yang satu ini hanya oncom saja yang diaduk bersama nasi hangat. Mudah bin gampang dibuat, mudah juga disajikan. Rasanya sangat bisa menggoyang lidah. Apalagi kalau ditambah dengan lalapan dan sambel hejo. Nikmat dunia.

 

Lotek

Di Jakarta banyak sekali penjual (mirip) lotek sampai-sampai dianggap sebagai makanan yang sama. Padahal berbeda. Makanan yang sering ditemui di Jakarta; khas betawi itu namanya gado-gado, bukan lotek. Secara umum, karedok mencampurkan sayur-sayuran seperti kubis, basil, terong hijau, timun, tauge, dan sayur hijau lainnya, lalu dilumuri dengan saus kacang. Mantap pisan. Ada dua lotek; lotek asak yang dibuat dari sayur-sayuran yang matang dan lotek atah yang dibuat dengan sayur-sayuran mentah. Biasanya dicampur dengan ketupat, lontong, dan kerupuk.

 

Gepuk

Bagi penggemar masakan daging sapi, sudahkah kalian mencoba gepuk alias empal asli Jawa Barat ini? Sajian ini memadukan cita rasa manis dan gurih yang berasal dari sejumlah bumbu dan santan serta proses pengolahan yang nggak biasa. Tekstur gepuk terkenal empuk karena dagingnya direbus dan di-gepuk alias dipukul-pukul. Cara pengolahan dengan dipukul-pukul inilah yang menjadi salah satu keistimewaan dari gepuk.

 

Sate Maranggi

Masakan sate nggak didominasi Madura dan Padang saja. Nyatanya, urang Sunda punya sate khasnya, yaitu sate Maranggi yang asli Purwakarta dan bisa kalian temui hingga Cianjur. Daging yang digunakan sebagai bahan sate memang masih umum, yaitu daging kambing atau sapi.

Tapi, yang bikin unik adalah proses marinasi sebelum daging dibakar, sehingga rasanya lebih meresap meski tanpa saus pendamping. Selain dinikmati bersama nasi putih atau lontong, sate Maranggi juga lezat disantap bareng nasi timbel. Sambal oncom irisan tomat segar juga tak boleh absen saat kalian menyantap hidangan ini.

 

Ayam Bekakak

Di sunda namanya Bakakak Hayam. Menjadi salah satu makanan khas sunda yang enak disantap bareng-bareng dengan keluarga. Sederhananya, ayam bekakak ini adalah olahan ayam tanpa dipotong dulu alias utuh, lalu dipanggang dengan bumbu khas yang akan membuat lidah kita semua meleleh. Jadi, bila ada yang bertanya apa namanya makanan ayam khas sunda? Jawab saja bakakak hayam!

 

Batagor

Batagor merupakan singkatan dari Bakso Tahu Goreng. Dibuat dari adonan daging ikan yang ditumbuk kemudian dimasukkan ke dalam kulit lumpia atau tahu dan digoreng. Batagor disajikan dengan bumbu kacang, kecap, dan saus pedas. Saat ini, batagor memiliki variasi lain, yaitu batagor kuah. Batagor kuah disajikan dengan kuah bakso dan ditambah dengan bumbu dan rempah-rempah sebagai penyedap rasa.

 

Kupat Tahu

Kupat tahu khas Singaparna, Tasikmalaya ini sebenarnya mirip dengan kupat tahu khas Jawa Tengah atau Jogja. Namun yang membedakan, kupat tahu Sunda menggunakan tahu yang  digoreng dan tauge sebagai pelengkap. Selain itu, bumbu kacangnya juga dicampur petis Sunda yang membuat bumbu kacang menjadi lebih pekat dan legit. Rasanya pun lebih manis gurih.

 

Jadi mana nih guys, kuliner khas Sunda yang jadi favorit kalian?  

Bagikan Kesegarannya

Tinggalkan Komentar