04 Desember 2018
  • Kuliner

Jepang merupakan salah satu negara dengan berbagai kuliner lezat dan beraneka ragam. Makanan tersebut diolah dengan sangat piawai sehingga makanan tersebut bukan hanya memuaskan lidah kita, tetapi juga mata. Salah satu makanan Jepang yang tengah populer saat ini adalah Omurice.

Sejarah Omurice dimulai di Jepang. Awalnya dikenal sebagai menu di restoran wilayah Ginza Tokyo, Jepang yang mengkhususkan diri di menu Western cuisine. Omurice dengan cepat berhasil mengambil hati (dan memuaskan perut) orang Jepang yang terbiasa dengan olahan beras/nasi sebagai makanan pokok. Seperti apa sih, sebuah Omurice yang ‘standard’? Apakah sama dengan Nasi Goreng yang sudah lama populer di kawasan Asia Tenggara?

Ya dan tidak. Nasi di Omurice memang sama-sama digoreng dalam wajan/frying pan seperti Nasi Goreng. Nasinya biasa ditambahkan daging (baik itu ayam, sapi, pork/babi, ataupun ikan), sedikit sayuran, serta saus (bisa berupa saus tomat/ketchup, demi-glace sauce atau saus kaldu kental kecoklatan dari daging sapi muda).

Nah, Yang menjadi ‘signature appearance’ dari Omurice adalah adanya telur dadar tipis berupa lembaran yang menutupi (bahkan membungkus) nasi tadi sehingga nasi tersebut tidak lagi terlihat saat dihidangkan hangat-hangat.

Di negeri asalnya, pembuatan omurice di restoran atau kedai makan selalu menjadi tontonan menarik bagi para pengunjung. Hal ini karena kepiawaian juru masak yang membuat omelet dengan gaya khas yang super cepat dan cekatan. Mereka mengaduk hingga membolak-balik omelet dengan melemparkannya ke udara tanpa membuatnya hancur. Unsur teatrikal lainnya adalah saat disajikan, omelet akan terlihat berbentuk oval. Namun, ketika dibelah dengan pisau, bagian luar omelet akan terbuka dan bagian dalam telur yang masih setengah matang pun akan terlihat dengan jelas serta menutupi seluruh nasi goreng di bawahnya.

Nah hidangan ini juga bisa kalian nikmati di Jakarta, dan makin hari makin populer! Buat kalian yang penasaran dapet Omurice yang enak dimana, check this out!

  1. Sunny Side Up

Sunny Side Up memang jagonya segala masakan telur! Makanan disini keren deh, apalagi omelettenya, cocok buat breakfast. Tapi tetep donk paling pecah adalah Creamy Salmon Omurice! Gokil banget! Jarang menemukan omurice saos yang creamy dan presentasi keren.

  1. CoCo Ichibanya

CoCo Ichibanya emang juara deh. Restoran ini terkenal dengan Currynya. Dan bayangkan saja kalau digabung dengan omurice. Kebayang dong pecahnyaa! Disini kalian bisa milih sesuka hati kalian soalnya semua menunya enak – enak guys.

  1. Mottomoo

Mottomoo memang terkenal sekali dengan beef hamburg dan omuricenya. Disini, omurice yang harus dicoba adalah Omurice Demi Glaze

 

Nah untuk kalian yang belum punya acara untuk weekend ini. Boleh berburu Omurice di Jakarta ya!

Bagikan Kesegarannya

Tinggalkan Komentar