24 Juni 2018
  • Kesehatan

Buah pete atau dalam bahasa Indonesia dinamakan petai, mungkin banyak sekali yang membenci buah yang satu ini karena baunya yang minta ampun. Buah ini memiliki bentuk bulat pipih dengan warna hijaunya yang khas.

Mengapa petai berbau? Petai bisa menimbulkan bau yang tidak sedap lebih karena kandungan asam amino yang terkandung di dalam biji petai yang mengandung unsur sulfur. Kandungan inilah yang membuat biji petai menghasilkan bau yang sangat menyengat dan tidak sedap.

Meskipun petai banyak dijauhi dan dihindari oleh banyak orang karena baunya yang tidak sedap, namun petai ternyata memiliki kandungan gizi yang tinggi, serta memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan tubuh kita.

 

  • Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Buah tropis unik ini sangat tinggi kalium, tetapi rendah garam, sehingga sangat sempurna untuk memerangi tekanan darah. Begitu tingginya, sehingga FDA Amerika mengizinkan perkebunan pete untuk melakukan klaim resmi mengenai kemampuan buah ini untuk menurunkan resiko tekanan darah dan stroke.

 

  • Menurunkan Kadar Gula Darah

Petai mengandung beta-sitosterol dan stigmasterol yang dapat menurunkan kadar gula darah. Namun mereka ternyata tidak dapat bekerja sendiri, melainkan harus bersama-sama. Efek menurunkan darah ini terlihat pada penelitian pada hewan coba yang mengalami diabetes. Namun ternyata efek ini tidak muncul pada hewan coba yang normal.

 

  • Meningkatkan Kemampuan Kognitif

Kalium yang juga terkandung dalam pete merupakan salah satu mineral yang penting bagi tubuh kalian. Kalium diperlukan tubuh untuk menjaga cairan dalam tubuh dan menjaga keseimbangan elektrolik. Peningkatan kadar nutrisi ini memungkinkan oksigen untuk mencapai otak, sehingga dapat meningkatkan fungsi kognitif dan merangsang aktivitas saraf.

 

  • Meningkatkan Kualitas Tidur

Kandungan triptofan pada pete juga dapat membantu meningkatkan kualitas tidur kalian. Mengkonsumsi makanan yang tinggi akan asam amino esensial, seperti pete ini dapat menginduksi tidur, membantu memberikan efek menenangkan, dan juga membantu mengatasi kecemasan yang pada akhirnya dapat membuat kalian memperoleh kualitas tidur yang lebih baik.

 

  • Membantu Menghentikan dari Ketergantungan Rokok

Kalian yang perokok dan ingin menghentikan kebiasaan ini, nah petai bisa jadi salah satu  alternatifnya. Dengan kandungan vitamin B12, kalium, dan magnesium dapat menghilangkan efek ketergantungan yang disebabkan oleh nikotin. Selain itu, kandungan nikotin dalam tubuh juga dapat dikurangi dengan mengonsumsinya secara teratur.

 

  • Menyembuhkan Luka Lambung

Pete digunakan sebagai makanan untuk merawat pencernaan karena teksturnya yang lembut dan halus. Buah ini adalah satu-satunya buah mentah yang dapat dimakan tanpa menyebabkan stress dalam beberapa kasus yang parah. Buah ini juga mampu menetralkan asam lambung dan mengurangi iritasi dengan melapisi permukaan dalam lambung.

 

  • Mencegah Anemia

Pete mengandung zat besi yang cukup tinggi, yang dapat membantu dalam merangsang pembentukan hemoglobin dalam darah. Oleh karena itu, dengan mengkonsumsi pete dapat membantu kalian dalam mencegah anemia

 

Pete mengandung 3 macam gula alami yaitu sukrosa, fruktosa dan glukosa yang dikombinasikan dengan serat. Nah, kombinasi ini, ternyata bikin kita jadi sangat bertenaga! Riset membuktikan dua porsi pete saja mampu memberikan tenaga yang cukup untuk melakukan aktivitas berat selama 90 menit. Makanya, tau ga sih kalo makanan ini tu kesukaannya para atlet top! Sangat bermanfaat untuk tubuh kan? Masih gak mau makan petai? Rugi lho!

 

Peringatan Efek Samping Pete

Meskipun pete memiliki beragam manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh, disarankan untuk tidak berlebihan dalam mengkonsumsinya karena dapat berbahaya bagi organ ginjal. Hal ini dikarenakan pete mengandung asam amino yang cukup tinggi. Selain itu, sebelum menggunakan pete untuk dimasak, pastikan bahwa kalian membagi biji pete menjadi dua bagian untuk memastikan bahwa tidak terdapat ulat di dalamnya ya!

Bagikan Kesegarannya

Tinggalkan Komentar