16 November 2018
  • Kuliner

Sushi adalah makanan Jepang yang terdiri dari nasi yang dibentuk bersama lauk  berupa makanan laut, daging, sayuran mentah atau yang sudah dimasak. Nasi sushi mempunyai rasa asam yang lembut karena dibumbui campuran cuka beras (mizkan), garam, dan gula.

Konon kebiasaan mengawetkan ikan dengan menggunakan beras dan cuka berasal dari daerah pegunungan di Asia Tenggara. Dasar ilmiah di balik proses fermentasi ikan yang dikemas dalam nasi adalah karena cuka yang dihasilkan dari fermentasi nasi menguraikan asam amino pada daging ikan. Hasilnya salah satu dari lima rasa dasar yang menyehatkan.

Sushi pada umumnya digolongkan berdasarkan bentuk nasi, antara lain nigirizushi, oshizushi, chirashizushi, inarizushi, dan narezushi.

Dari sekian banyak jenis sushi, ada 2 yang cukup dikenal di Indonesia yaitu nigirizushi dan makizushi. Nigirizushi adalah salah satu bentuk sushi yang paling tradisional dan dibuat dengan meletakkan nasi di telapak tangan kiri lalu membentuknya dengan jari-jari tangan yang lain. Nori sering dipakai untuk mengikat neta (lauk) agar tidak terlepas dari nasi. Sedangkan makizushi adalah jenis sushi yang berbentuk gulungan nasi berisi potongan mentimun, tamagoyaki dan neta lain yang yang dibungkus lembaran nori. Nasi digulung dengan bantuan sudare (anyaman bambu bentuk persegi panjang) atau dilipat dengan tangan (temaki).

Bagi yang masih ragu untuk mencoba sushi, ada beberapa fakta menarik yang layak dijadikan acuan untuk mengkonsumsi makanan Jepang yang satu ini. Pertama, sushi kaya akan protein dan asam emak omega 3 yang sangat tinggi dan tentunya baik untuk kesehatan. Kedua, sushi cocok untuk diet dan telah terbukti mampu memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh, apalagi bila dipadukan dengan makanan berserat. Ketiga, wasabi yang biasa dipakai untuk menyantap sushi dapat membantu meningkatkan metabolisme tubuh sehingga meningkatkan daya tahan terhadap penyakit. Tertarik untuk mencoba sushi?? Nah berikut rekomendasi tempat makan sushi enak yang ada di Jakarta

 

Sushi Masa

Restoran jepang dengan sushi terbaik yang ada di jakarta sejauh ini. Walaupun lokasinya yang di ujung Muara Baru, daerah pelabuhan dan perikanan tak menyurutkan para penikmat sushi untuk mengunjungi tempat ini. Sushi Masa terkenal karena hidangan sushinya yang fresh dan juara. Harganya memang agak mahal, tapi kalian wajib coba menu andalan mereka Toro Aburi Sushi, karena dagingnya berasal bagian terbaik dari perut ikan Tuna yang fresh dan berkualitas. Whooaa! Selain itu menu lain tak kalah enak nya.

Kalo yang udah pernah kesini pasti tau, lokasi restonya ada di lantai 3. Nah lantai 1 itu isinya store. Disini mereka jual ikan ikan fresh yang juga terjangkau! Jadi buat yang jago masak, bisa juga beli disini dan masak sendiri. Selain ikan-ikanan ada juga berbagai macam snack, dessert dan ice cream yang diimpor dari jepang.

 

Sushi Hiro

Siapa yang setuju kalau Pantai Indah Kapuk adalah surganya tempat cari makanan? Coba mampir ke Sushi Hiro. Disini itu cukup terkenal sama sushi yang bisa dijadiin tangga. Jadi kalau kalian pesan sushi yang di atas 6 pcs, kalian boleh request sama mereka supaya sushi-nya di-served di tangga kecil gitu, lumayan lucu buat difoto kan? Penasaran? Kalian bisa pesan Sushi dan Sashimi Moriawase. Dijamin kenyang deh!

Sushi Hiro sudah membuka beberapa cabangnya di Jakarta.

 

Sushi Sen

Masih di kawasan kuliner Pantai Indah Kapuk, ada Sushi Sen yang sajiannya benar-benar menggiurkan. Yap, Sushi Sen adalah restoran Jepang wajib coba untuk kalian yang menginginkan pengalaman makan sushi yang berbeda. Memang harganya cukup mahal, ini karena Sushi Sen hanya menyajikan daging fresh pilihan yang bakal memanjakan lidah siapapun yang mencobanya.

 

Sushi Sei

Restoran sushi ini sudah ada di Plaza Senayan sejak 1996 loh guys! Setelah lebih dari dua dekade, cita rasa dari sushinya dipertahankan dan tidak pernah mengecewakan. Biasanya restoran ini ramai di jam makan siang kantor dan makan malam, dan selalu saja ramai dikunjungi ekspatriat dan para pencari restoran Jepang autentik di Jakarta.

 

Kaihomaru

Kaihomaru adalah salah satu restoran Jepang yang cukup authentic dan favorit tiap ngidam makanan Jepang seperti sushi dan sashimi. Lokasinya terletak di Little Tokyo dan tempatnya juga tidak terlalu besar. Restoran yang satu ini terkenal banget di Jepang, makanya kalian wajib banget untuk mampir. Yang paling juara di sini adalah sajian sashimi mereka yang selalu segar.

Bagikan Kesegarannya

Tinggalkan Komentar