13 Juni 2018
  • Travel

Sulawesi mungkin lebih dikenal dengan tempat wisatanya seperti Bunaken atau Wakatobi. Tetapi, sebenarnya ada satu tempat wisata lain yang tidak kalah menarik dibandingkan dengan dua lokasi tersebut yakni Pulau Sombori. Sombori adalah sebuah pulau yang berada di Desa Mbokitta, Kecamatan Menui Kepulauan, Morowali, Sulawesi Tengah. Letaknya berada tepat di bagian Selatan Teluk Tolo, Kabupaten Morowali. Namun, akses terdekat menuju pulau ini bisa ditempuh melalui Kendari, Sulawesi Tenggara.

Untuk memulai destinasi di Kepulauan Sombori perjalanan dimulai dari Kendari. Kemudian, dilanjutkan menuju Pelabuhan Molore menggunakan perjalan darat sekitar lima jam. Dari pelabuhan dibutuhkan waktu sekitar dua jam perjalanan dengan perahu untuk sampai di Kepulauan Sombori. Sepanjang perjalanan ini kita akan diapit pulau-pulau kecil.

Perairan tenang, air yang hijau jernih, tebing-tebing karst yang menjulang tinggi, lumba-lumba yang berloncatan lincah, semua itu mewarnai perjalanan kami menjelajahi sebuah pulau indah yang berada di Sulawesi Tengah ini. Dalam kawasan kepulauan Sombori ada tiga pulau kecil di dalamnya. Ketiga pulau tersebut sekarang menjadi tempat tinggal bagi masyarakat bajo yang mayoritas nelayan dan sisanya merupakan pulau tidak berpenghuni.

  • Mirip Phi – Phi Island

Banyak yang mengatakan kalau keindahan wisata Pulau Sombori mirip dengan Phi Phi Island yang ada di Thailand. Pulau-pulau dengan tebing yang tinggi membuat tempat wisata di Sombori terlihat sangat mirip dengan Phi Phi Island. Berbentuk seperti teluk lengkap dengan hamparan pasir putihnya yang menakjubkan menjadikan Sombori semakin cantik. Kalian bisa mengitari deretan pulau ini dengan menggunakan perahu atau ber-snorkeling di perairannya yang jernih.

  • Pulau Kayangan

Keindahan Kayangan sepertinya tertuang sempurna di Pulau Kayangan Sombori. Pantai indah yang ada di Pulau Kayangan bisa dibilang cukup panjang dan dihiasi dengan tebing-tebing batu yang menjulang tinggi. Lokasi dari Pulau Kayangan juga termasuk berdekatan dengan pulau-pulau lainnya yang ada di Sombori. Perairan yang ada disekitar Pulau Kayangan termasuk ke dalam perairan dangkal. Jadi, lokasinya sangat cocok untuk kalian jadikan tempat snorkeling atau sekedar berenang dan bermain air.

Keindahan klimaks dari Pulau Kayangan ini terlihat saat kalian naik ke puncak bukit yang ada di Pulau Kayangan. Disarankan untuk menggunakan sepatu kets atau sandal gunung selama melewati jalur batu karang di pulau ini karena bebatuanya yang licin. Lengkapi peralatan kalian juga dengan menggunakan sarung tangan karena kebanyakan karang yang ada di sini tajam. Untuk sampai ke puncak bukit kalian hanya memerlukan waktu sekitar 10 menit saja karena treknya yang tidak terlalu panjang. Dari atas sini kalian bisa melihat keindahan pemandangan berupa hamparan pulau dan karang yang dilengkapi dengan indahnya air laut yang berwarna biru.

  • Goa Berlian

Saat ke Sombori, jangan lupa untuk mengeksplorasi Gua Berlian. Dinamakan demikian karena tempat wisata Pulau Sombori ini memiliki stalaktit yang sangat berkilau mirip dengan berlian saat terkena cahaya. Tetapi, kalian yang ingin sampai ke sini harus menaiki tebing dengan kemiringan 70 hingga 80 derajat terlebih dahulu. Jalur yang ada di dalam goa ini berupa bebatuan dan akar pohon. Jadi RedTraveler harus berhati-hati saat melewati lokasi ini. Pada siang atau pagi hari kalian akan melihat pemandangan indah saat matahari masuk ke dalam celah-celah lubang atau yang disebut dengan nama ray of light.

  • Makanan Khas Morowali

Sementara itu, mengunjungi satu tempat tanpa mencoba kulinernya tentu kurang pas. Di sini kalian wajib mencicipi ikan jigo bakar. Ikan besar dengan cara terbaik untuk menikmatinya adalah dengan dibakar.

 

Bagi kalian yang belum tau nih Libur Lebaran mau kemana, Pulau Sombori bisa dijadikan alternative tujuan berlibur kalian guys.

Bagikan Kesegarannya

Tinggalkan Komentar