18 November 2018
  • Kesehatan / Gaya Hidup

Seringkali orang tua sedih ssat si kecil susah makan. Biasanya si kecil susah makan sejak batita. Mereka lebih suka mengkonsumsi berbagai macam jajanan. Setelah sepenuhnya lepas dari ASI dan mulai rutin mengonsumsi makanan padat, ia pun semakin kenal dengan beragam jenis rasa makanan maupun minuman.

Pada tahapan ini, si kecil mulai mengembangkan preferensi terhadap makanan, yakni mampu memilih makanan yang lebih ia sukai dan yang tidak terlalu ia sukai. Tak sedikit orang tua yang kemudian frustrasi dan kebingungan mencari cara mengatasi anak susah makan Ketika si kecil terus menolak melahap makanan yang dihidangkan, suasana bisa berubah menjadi menegangkan. Si kecil kesal karena terus “dipaksa” menyantap makanan yang tidak ia suka, sedangkan orang tua khawatir ia akan kekurangan nutrisi akibat pilih-pilih makanan. Bila sudah begini, aktivitas makan pun menjadi tidak menyenangkan lagi, dan justru penuh tekanan.

 

Jadilah kreatif

Anak-anak cenderung tertarik pada bentuk menyenangkan dan rasa yang enak. Mungkin kalian bisa menggunakan wadah, piring atau mangkok yang unik sehingga anak menjadi doyan makan. Bisa juga masak makanan dalam bentuk yang lucu, seperti iris wortel dengan bentuk bunga dan sebaginya. Umumnya anak memiliki sifat cepat bosan, termasuk dalam hal makanan. Karena itu, salah satu cara mengatasi anak yang susah makan adalah orang tua harus lebih kreatif lagi dalam menyajikan menu untuk si kecil. Variasikan menu makanan yang dihidangkan, antara lain dengan mengombinasikan rasa gurih dan manis pada lauk maupun hidangan sayur.


Meluangkan Waktu untuk Makan Bersama

Cara ini adalah cara yang paling kita butuhkan untuk mendorong anak mau makan karena pada meja makan, kita akan mendiskusikan berbagai macam hal, seperti apa yang sudah anak lakukan pada hari itu, perkembangan pelajaran mereka, dan lain-lain. pada waktu makan, kita bisa mengamati jenis makanan apa yang disukai oleh anak dan kita bisa memadukannya dengan sayuran. Kita juga bisa menyediakan dessert setelahnya sebagai reward untuk anak karena sudah bersedia memakan apapun yang ada di meja tanpa menyisakannya. Kita juga bisa memberi tahu pada anak tentang dessert apa yang kita sediakan sehingga mereka lebih antusias untuk menghabiskan makanannya.

 

Jangan Memaksa

Cara mengatasi anak susah makan dengan memaksa mungkin banyak dicoba orang tua. Namun, pada kenyataannya upaya tersebut terbukti tidak efektif. Saat si kecil menolak menyantap makanan yang Bunda tawarkan, cobalah bersikap tenang dan tidak memaksanya. Tanyakan kenapa ia tidak mau makan, lalu coba tawarkan alternatif lain. Memaksa si kecil makan makanan yang tidak ia sukai hanya akan meninggalkan kesan buruk tentang makanan di benaknya.

 

Ajak Anak Berbelanja Bersama

Mengajak dan melibatkan anak untuk berbelanja bahan-bahan utama dari makan malam mereka akan meningkatkan rasa antusias serta minat anak untuk memakan makan tersebut secepatnya. Selain itu, mengizinkan anak untuk memilih makanan yang mereka inginkan juga membuat mereka semakin antusias tentang makanan yang akan mereka makan pada waktu makan berikutnya.

 

Memasak Bersama

Ketika kita memasak dan melibatkan anak dalam kegiatan ini, anak akan tahu betapa pentingnya mengonsumsi makan sehat untuk mereka dan mereka akan mengingatnya dengan baik mengapa mereka membutuhkan sayuran dan buah sebagai asupan mereka sehari-hari. Anak juga cenderung menikmati cara ini karena orangtua yang meminta pertolongan darinya – dan anak merasa bahwa mereka bisa dipercaya dan dihandalkan oleh kita. pada momen ini, kita juga bisa meminta anak untuk membantu memasak, seperti mengaduk sayuran, menggoreng lauk pauk, ataupun memotong sayuran yang pastinya tetap dalam pengawasan kita. Hal yang perlu diingat ketika menggunakan cara ini adalah kita harus mencari waktu yang tepat karena anak akan cenderung malas ketika mereka sedang tidak dalam mood yang baik dan kita juga membutuhkan waktu yang lama untuk mengajarkan anak tentang satu bahan dan bahan lainnya.

 

Membuat permainan ketika kegiatan makan berlangsung

Mendorong anak untuk makan yang termudah adalah melalui permainan – lebih tepatnya dengan membuat cerita ketika anak mulai makan sayuran. Contohnya saja ketika akan mengenalkan anak dengan brokoli, kita bisa menceritakan bahwa dinosaurus atau jerapah yang gemar memakan tumbuh-tumbuhan hijau dan hal tersebut membuat mereka menjadi lebih kuat. Kita juga bisa menambahkan keju atau makanan favorit anaknya pada permainan ini sehingga anak semakin tertarik dengan tokoh yang kita libatkan pada cerita ini.

 

Nah itu tadi adalah beberapa cara agar anak mau makan yang bisa kita coba dan pastinya mudah untuk dilakukan. Kunci untuk melakukan hal ini adalah SABAR karena anak membutuhkan pengertian yang baik sebelumnya mengenai betapa pentingnya memulai pola hidup makan yang sehat.

Bagikan Kesegarannya

Tinggalkan Komentar