12 Juni 2018
  • Kesehatan / Gaya Hidup

Mungkin kalian adalah salah satu yang memimpikan bentuk tubuh yang sehat dan ideal dengan olah raga. Kalian yang tadinya malas berolahraga tiba-tiba ingin mencoba nge-gym? Wah, itu sebuah permulaan yang baik bagi kalian. Gym adalah salah satu tempat yang dapat kalian gunakan untuk mewujudkan mimpi kalian. Tidak dipungkiri lagi bahwa banyak orang yang rutin nge-gym mengalami penurunan berat badan. Tentu saja ini hanya terjadi jika aktivitas nge-gym dilakukan dengan benar dan teratur ya. 

Namun banyak orang yang tidak bertahan untuk olahraga di gym lebih dari satu bulan. Yang pasti paling banyak alasannya adalah rasa malas! Memutuskan untuk gym butuh komitmen yang besar. Kalau hanya ikut-ikutan atau hanya karena lagi ngetren, lebih baik tidak usah deh guys. Sudah rugi uang, kalian juga rugi tenaga dan waktu. Tapi buat kalian yang memang niat, kalian butuh kesabaran. Jika sudah mendaftar sebagai anggota sebaiknya lakukan langkah bijak salah satunya dengan membuat target dalam membentuk badan, kemudian jangan lupa mengaplikasikannya pada pola hidup sehat setiap hari. Jika kalian baru akan memulai nge-gym, ada beberapa tips yang bisa dilakukan agar kalian tidak berhenti di tengah jalan.

  • Mulai perlahan – lahan

Para pemula fitnes umumnya terlalu bersemangat sehingga berolahraga melebihi batas kemampuan. Satu hal yang paling penting kalian tidak perlu lari menghabiskan waktu selama dua jam nonstop di gym demi mendapatkan tubuh langsing dan ideal. Hal itu hanya akan membuat tubuh kelelahan dan bukan tidak mungkin kalian akan pingsan. Cara yang tepat adalah fitnes sesuai kemampuan dan bertahap. Di minggu pertama, lakukan latihan selama 15 menit. Minggu berikutnya 20 menit, dan makin lama semakin tinggi intensitasnya. Tubuh pun akan terbiasa dan tidak kaget.

  • Carilah teman

Apapun yang kalian lakukan di tempat gym baik olahraga kardio atau pun angkat beban, jika dilakukan sedirian lama kelamaan akan merasa bosan dan bisa dibilang kurang menyenangkan, untuk itu carilah mitra dengan bentuk tubuh yang sama sepertimu sebagai pelengkap latihan dengan begitu nuansa berkompetisi akan membuatmu semakin bersemangat. Kemudian kalian juga bisa bertukar pikiran untuk saling memberikan semangat dengan begitu kalian bakal lebih betah bermain ke gym setiap hari

  • Pilih yang dekat rumah

Jarak itu penting. Kenapa? Karena kalau jauh kalian pasti bakalan males untuk berangkat. Apalagi kalau kalian terbiasa gym di pagi hari. Gak kebayang kan kalau kalian harus menempuh perjalan berpuluh-puluh kilometer untuk gym? Bisa-bisa kalian capek di jalan. Selain itu hal ini akan membantu kalian menghindari alasan malas, hujan, tidak ada kendaraan, atau beralasan apa pun untuk menunda melakukan gym.

  • Beli barang baru untuk kebutuhan gym

Tidak dipungkiri lagi ketika kalian memiliki barang baru terutama untuk kebutuhan olahraga yang berhungan dengan fitnes seperti baju, sepatu, arm band dan lain-lainnya, kalian pasti bakal tidak sabar untuk memakainya dan pastinya akan menambah rasa percaya diri serta semakin bersemangat. Tapi ingat jangan malah pamer yah. Dengan adanya barang baru kalian juga bakal lebih nyaman dan rajin untuk fitnes karena sayang sekali bukan jika beragam barang yang sudah kalian beli namun tidak dipergunakan secara maksimal.

  • Melakukan gym dengan Personal Trainner

Kenapa? Supaya kalian tidak bosan. Kalau ada pelatih, otomatis akan selalu ada orang yang menyemangatimu dan mendorongmu untuk melakukan lagi dan lagi. Kalau kalian hanya sendiri, bisa jadi semangatmu patah dan kalian tidak lagi ingin melakukannya karena jenuh. Dan juga kalian akan mendapatkan hasil yang lebih baik.

  • Fokus pada tujuan akhir

Di awal-awal, fitnes pasti akan membuat tubuh terasa lelah dan sakit-sakit. Jangan membuat kalian berhenti latihan karena hal itu. Yakinlah dengan disiplin dan motivasi yang kuat, kalian akan merasakan hasilnya. Badan lebih bugar, segar, tidak gampang sakit dan lelah, tidur juga lebih nyenyak. Manfaat olahraga biasanya sudah bisa dirasakan dalam beberapa minggu. Jadi setiap rasa malas datang, pikirkanlah target akhir yang akan kalian dapatkan.

 

Gym adalah tentang konsistensi. Kalau kalian kerja keras terlalu banyak tapi tidak konsisten, maka hasilnya akan sama saja, begitu juga sebaliknya. Kalian harus bisa menganggap gym tempat yang menyenangkan supaya kalian juga bisa senang melakukannya. Jangan cuma fokus pada berat badan, fokuslah juga pada dampak kesehatan yang bisa kalian dapatkan.

Bagikan Kesegarannya

Tinggalkan Komentar