19 Juni 2018
  • Kesehatan

Pernahkah kalian memperhatikan warna air seni kalian? Jika ya, mungkin kalian tahu bahwa setiap waktu kalian punya warna air seni yang berbeda-beda. Warna air seni pada setiap orang bisa saja sama dan bisa pula berbeda-beda, ada yang bening, kuning kecokelatan, sampai hitam. Tapi, yang jelas walaupun warnanya berbeda-beda, tetap saja semuanya itu kotoran yang dihasilkan oleh manusia.

Urine merupakan limbah terbentuk di ginjal sebagai hasil dari proses penyaringan zat-zat yang tidak dibutuhkan oleh tubuh. Sementara zat-zat yang bermanfaat bagi tubuh akan kembali dialirkan dalam darah. Tapi tak jarang, zat-zat yang bermanfaat tadi seperti sel darah merah, protein, dan lainnya ada yang diekskresikan lewat urin, sehingga membuat warna urin berbeda dari normalnya.

Air seni rupanya bisa memberikan tanda apakah tubuh sehat atau tidak berdasarkan warnanya. Lalu bagaimana warna air seni yang sehat dan yang tidak sehat?

 

Bening

Air seni yang berwarna bening biasanya merupakan tanda bahwa tubuh kalian terhidrasi dengan baik alias cukup cairan. Namun, dalam beberapa kasus hal itu menandakan bahwa kalian mungkin terlalu banyak minum dan berpotensi dapat mengalami keracunan air. Over-hidrasi artinya kalian minum air terlalu banyak dari yang kalian butuhkan dan dapat membahayakan tubuh kalian lho gengs! Meski tidak menimbulkan masalah kesehatan yang serius, sebaiknya kalian tidak memaksakan diri untuk minum melampaui apa yang kalian butuhkan.

 

Sangat Bening

Jika warna air seni kuning kegelapan menandakan seseorang tidak sehat, bagaimana dengan air seni yang tidak berwarna atau sangat bening? Warna air seni yang bening sekali bisa saja mengindikasikan seseorang menderita penyakit diabetes. Ya, ini adalah salah satu tanda seseorang mengidap penyakit diabetes selain tanda lainnya seperti sering buang air kecil dan sering merasa haus. Jadi, berhati-hatilah! Jika air kencing kalian bening seperti ini, jangan dibiarkan, segera konsultasikan ke dokter atau lakukan tes diabetes.

 

Kuning Kegelapan

Warna air seni yang sehat biasanya berwarna kuning seperti warna madu atau kekuningan. Tapi, bila warna urin kuning kegelapan, itu artinya seseorang kurang minum air putih dan ini membahayakan kesehatan. Air seni dalam hal ini menjadi lebih terkonsentrasi dan warna urin kuning kegelapan ini biasanya disertai juga dengan bau yang cukup menyengat. Oleh sebab itulah, untuk menormalkan kembali, penuhilah kebutuhan asupan air putih per harinya, yaitu minimal 8 gelas per hari.

 

Coklat

Air seni berwarna coklat bisa menjadi gejala masalah kesehatan tertentu. Orang dengan penyakit lever biasanya memiliki urin berwarna coklat. Jika hati kalian tidak bekerja dengan baik, garam empedu yang seharusnya dibuang melalui feses ternyata ikut larut dalam air seni karena konsentrasinya yang terlalu tinggi dalam darah. Gangguan kesehatan pada liver dapat berupa hepatitis sehingga warna kencing berwarna gelap. Hal ini juga dapat menjadi tanda bahwa kalian mengalami dehidrasi sehingga perlu penanganan medis lebih lanjut.

 

Berbusa

Air seni yang tidak sehat juga bisa ditandai dengan urin berbusa. Apa penyebab air seni bisa mengeluarkan busa?

Air seni yang berbusa bisa disebabkan karena kandungan protein. Tentunya, dibutuhkan pemeriksaan lebih mendalam sampai tuntas, sebab busa pada air kencing mungkin saja disebabkan akibat munculnya gangguan di organ ginjal ataupun di kandung empedu.

 

Hijau

Air seni berwarna hijau bisa menjadi indikasi bahwa seseorang terkena infeksi saluran kemih atau jamur. Namun, hal ini juga dapat disebabkan oleh makanan atau obat-obatan, seperti antibiotik yang mengandung pewarna yang kuat yang tidak bisa diserap dalam usus kalian.

 

Putih Susu

Air seni berwarna putih dapat menandakan adanya darah mikroskopis. Hal ini juga dapat disebabkan oleh infeksi saluran, infeksi kandung kemih atau batu ginjal. Beberapa penyakit menular sek/sual seperti gonore juga ditandai oleh gejala tersebut.

Jadi pastikan kalian selalu meminum air putih yang cukup serta menghindari makanan, minuman, serta obat-obatan berbahaya sehingga tidak terkena gangguan kesehatan di kemudian hari.

Bagikan Kesegarannya

Tinggalkan Komentar